Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, tetap menjadi salah satu tujuan favorit penduduk Ibu Kota guna berlibur. Meski begitu, terdapat pembatasan kendaraan yang mengarah ke ke sana pada era larangan mudik yang berlaku pada 6-17 Mei 2021 sebagai berita terkini saat masa pandemi. Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky Pranata mengatakan, di antara penyekatan yang dilaksanakan ialah melarang kendaraan tak melulu pelat F guna melintasi area puncak. Menurutnya hingga sejumlah satu hari ke depan, pos penyekatan arus mudik Lebaran tetap akan jalankan pemeriksaan. Untuk kendaraan di luar pelat F, sudah tersedia ketetapan guna diputar balik.

Penyekatan Di Puncak Bogor Saat Pandemi

Aksi Penyekatan Jalan Puncak

“Sesuai ketetapan pemerintah, penyekatan arus balik lebaran selamanya akan kami jalankan sampai 16 Mei 2021 mendatang,” ujar Dicky, dikutip berasal dari NTMC Polri (14/5/2021). “Hal ini dilakukan untuk mengurangi pergerakan kendaraan berasal dari Jakarta mengarah ke Bogor maupun sebaliknya,” kata dia. Berdasarkan keterangannya, hingga bareng pada hari ke dua cuti Lebaran, arus kemudian lintas di area Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tetap terpantau lengang.

Bahkan, pihak Polres Bogor belum sempat menerapkan sistem satu arah atau one way, yang umumnya tidak jarang diterapkan pada akhir pekan. “Kendaraan yang melintas berasal dari Simpang Gadog menuju Puncak berasal dari pintu tol tergolong condong tetap sepi dan belum alami peningkatan,” ucap Dicky. Ia tergolong mengimbau untuk pengendara berasal dari luar Bogor yang jalankan perjalanan, supaya melengkapi bareng surat negatif antigen atau sertifikat vaksin.

Meski begitu, Dicky menebak terasa Sabtu (15/5/2021) sampai Minggu (16/5/2021), akan berjalan penambahan arus kemudian lintas di Puncak. “Hari Minggu puncak arus balik, bersamaan berakhirnya cuti nasional,” kata Dicky. Dicky menambahkan, pihaknya akan selamanya menerapkan penyekatan guna memeriksa tiap tiap kendaraan yang melintas di Pos Penyekatan Gadog. Di samping kendaraan pelat F, polisi termasuk mengharuskan wisatawan yang ke puncak me sti punya KTP Bogor. Sebelumnya, pada hari kesatu Lebaran atau Idulfitri 1442 Hijriah kemarin, sejumlah 27.000 kendaraan terjaring di 9 pos penyekatan Kabupaten Bogor. Dari jumlah itu, 9.300 kendaraan diputar balik.

Hingga pukul 2.30 WIB, volume kendaraan yang melintas di sekitar jalur utama Puncak-Cianjur, lagi meningkat. Sebelumnya sampai Rabu pukul 22.00 WIB, volume kendaraan berasal dari Cianjur atau kebalikannya berasal dari arah Puncak tampak lenggang karena penyekatan maksimal yang dilakukan petugas di perbatas Puncak-Cianjur.

“Sebagian besar mampu lolos sampai ke Puncak-Cianjur sebab melewati jalur tikus di jalur Bogor-Cianjur, semenjak pukul 8.00 WIB, penyekatan dilakuka, ratusan kendaraan kami pulangkan, tetapi mereka lagi masuk ke antrian, sampai berjalan kemacetan panjang berasal dari arah Bogor,” kata Rifai.

Tinggalkan Balasan